Panduan Menghilangkan Noda pada Kaos Polos sesuai dengan Jenis Nodanya

Apa jadinya jika kaos polos kesayanganmu terkena noda yang susah untuk dibersihkan?  Mungkin berbagai cara akan dilakukan untuk menghilangkan noda tersebut demi penampilan keren yang diinginkan.  Sebelum mencuci kaos polos yang terkena noda, ada baiknya kita mengetahui tips dan trik mencuci yang benar.  Karena beda jenis noda akan berbeda pula cara mengatasinya.  Berikut ini adalah panduan menghilangkan noda pada kaos polos sesuai dengan jenis nodanya.

  • Cara menghilangkan noda kopi, teh, soda atau wine pada kaos polos

Rendam kaos polos di dalam larutan cuka atau air dengan baking soda selama beberapa saat kemudian bilas sampai bersih.

  • Cara menghilangkan noda makanan pada kaos polos

Rendam kaos polos dalam larutan pencuci piring dan air.  Atau bisa juga membuat pasta dengan komposisi protease yang efektif untuk memecah protein menjadi molekul yang lebih sederhana.  Selanjutnya gosokkan pada noda yang ingin dihilangkan dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.  Kemudian bilas sampai bersih.

  • Cara menghilangkan noda lumpur pada kaos polos

Rendam kaos polos dalam larutan detergen atau sabun cuci dan air hangat.  Cuci kaos dengan menggunakan cuka atau hidrogen peroksida jika noda lumpur tetap membandel.

  • Cara menghilangkan noda tinta atau cat pada kaos polos

Gosok noda tinta atau cat dengan menggunakan cairan pencuci piring kemudian bilas.

Gosok noda dengan hairspray dan bilas.

Gosok noda dengan isopropil alkohol dan bilas.

Gosok noda dengan penghapus cat kuku dan bilas.

Gosok noda dengan pemutih pakaian yang aman.

  • Cara menghilangkan noda lemak, minyak, atau lipstik pada kaos polos

Gosokkan campuran baking soda dan air pada noda kemudian bilas sampai bersih.  Bisa juga dengan cara merendam kaos dalam larutan cuka dan kemuduan gosok dengan cairan pencuci piring.  Untuk pilihan terakhir bisa menggunakan beberapa tetes WD-40 yang dioleskan ke noda, biarkan sekitar 5-10 menit kemudian bilas sampai bersih.

  • Cara menghilangkan noda darah, urine, muntahan atau feces pada kaos polos

Bilas kaos polos yang terkena noda dengan air dingin.  Gunakan satu cangkir hidrogen peroksida dan satu cangkir baking soda di dalamnya.

  • Cara menghilangkan noda keringat pada kaos polos

Gosok noda keringat dalam campuran satu bagian jus lemon dan satu bagian air lalu keringkan di bawah sinar matahari.  Rendam dalam satu bagian hidrogen peroksida dan satu bagian air selama kurang lebih satu jam.  Cuci dengan satu cangkir hidrogen peroksida.

  • Cara menghilangkan noda rumput pada kaos polos

Gunakan satu bagian air dengan dua bagian hidrogen peroksida dan gosok pada noda.  Kemudian bilas sampai bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna secara efektif sebaiknya perhatikan juga temperatur atau suhu air yang digunakan untuk mencuci, seperti berikut:

  • Whites: wash hot / dry low.
  • Lights: wash warm / dry low.
  • Darks: wash cold / dry low.

Perlu diketahui bahwa suhu air antara 104-140 derajat Fahrenheit dianggap lebih optimal untuk membersihkan noda yang menempel di pakaian.  Selain itu, suhu air yang terlalu dingin kurang efektif untuk menghilangkan bakteri dan debu yang menempel, sementara suhu air yang terlalu panas bisa membuat kain cepat rusak.  Jadi selalu pastikan untuk menyesuaikan suhu air sesuai dengan kebutuhan agar kaos polos kesayanganmu bebas noda dan awet kerennya.

Sumber: http://kaospolosandalas.com

Comments are closed.