Merawat Kaos Polos Putih Agar Tidak Mudah Kusam

Kaos polos warna putih termasuk salah satu jenis pakaian yang banyak difavoritkan.  Selain terlihat simple, kaos dengan warna dasar putih juga sangat fleksibel untuk dipadupadankan dengan warna lainnya.  Hasilnya, tampilan outfit terlihat semakin keren dan menarik perhatian.  Dengan warnanya yang identik dengan kesan bersih, kaos polos putih tentu membutuhkan perawatan yang berbeda agar tidak mudah kusam, apalagi jika sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Kamu pasti tidak mau kan, kaos putih kesayanganmu terlihat kusam?  Nah, sebagai langkah antisipasi berikut adalah beberapa tips merawat kaos polos putih yang bisa dicoba.

  • Untuk menghindari noda pakaian yang menempel, sebaiknya kaos putih segera dicuci setelah dikenakan. Meskipun kaos tersebut tidak terlihat kotor namun keringat maupun zat-zat kimia yang terkandung dalam deodorant bisa menyebabkan perubahan warna pada kaos putih.
  • Sebelum mencuci kaos polos putih, pastikan untuk melakukan pembersihan awal terutama jika ada noda yang terlihat pada kaos. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan noda sebelum proses pencucian sehingga tidak ada noda yang tersisa atau terlewati.Membersihkan noda sesegera mungkin akan lebih memudahkan untuk menghilangkan noda pakaian daripada menundanya dalam waktu yang cukup lama.  Selain itu, noda yang masih basah akan lebih mudah hilang daripada noda yang sudah mengering.
  • Pisahkan jenis pakaian berwarna dengan kaos polos putih pada saat proses pencucian. Beberapa jenis warna pakaian bisa saja luntur dan menyebabkan kaos putih berubah warna.  Bahkan jenis pakaian berwarna yang tidak luntur sekalipun bisa mempengaruhi warna putih pada kaos.
  • Pastikan air yang akan digunakan untuk mencuci kaos polos putih memiliki kualitas yang cukup bagus, yaitu air yang bersih dan jernih. Karena jika tidak, maka bisa beresiko menimbulkan perubahan warna pada kaos putih, biasanya akan terlihat lebih kusam.
  • Gunakan juga air dengan suhu yang tepat sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan pada label kaos. Cara ini cukup efektif untuk membantu menghilangkan noda keringat yang menempel pada kaos putih.
  • Gunakan detergen yang tepat, yaitu jenis detergen yang memang dikhususkan untuk mengangkat noda pakaian dan menjadikan pakaian tetap putih. Selanjutnya kaos putih bisa direndam beberapa saat agar detergen bekerja secara efektif dan mengangkat noda pakaian.
  • Jika menggunakan mesin cuci, pastikan untuk menggunakan setelan yang tepat sesuai petunjuk yang tertera pada label pakaian. Hal ini sangat penting karena jenis bahan yang berbeda akan membutuhkan perlakuan dan setelan pencucian yang berbeda pula.
  • Untuk mengatasi noda yang membandel bisa juga dengan menggunakan pemutih pakaian, namun begitu harus tetap dalam batas yang dianjurkan. Karena pemakaian pemutih pakaian yang berlebihan justru akan membuat kaos menjadi cepat rusak.  Cukup rendam kaos putih selama kurang lebih 5-10 menit saja kemudian dicuci kembali dan dibilas dengan air bersih.
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan mesin pengering pakaian untuk mengeringkani kaos polos putih. Suhu panas yang ada dalam mesin pengering justru bisa membuat serat kain lebih cepat rusak.  Cukup dengan menjemurnya di tempat yang teduh akan membuat kaos putih lebih awet.
  • Atur suhu seterika agar tidak terlalu panas agar kaos putihmu tetap bersih dan tidak mudah kusam.

Sebenarnya cara yang cukup efektif untuk merawat kaos polos putih adalah dengan mencucinya secara manual.  Dengan cara ini, noda yang menempel pada kain bisa lebih mudah untuk diatasi.  Selain itu, pastikan juga untuk menyimpan kaos putihmu di tempat yang kering dan tidak lembab agar terhindar dari jamur dan bau apek.  Selamat mencoba!

Sumber: http://kaospolosandalas.com

Comments are closed.