Sablon Kaos Manual Sederhana: Sablon Kaos dengan Teknik Todong

Untuk anda yang  mau belajar sablon  dengan budget pas pasan, teknik todong adalah salah satu teknik sablon yang mudah dan juga murah. Sablon dengan teknik Todong  adalah suatu proses menyablon, dimana tanpa menggunakan alat bantu presisi sama sekali. Mengapa disebut “todong” karena untuk mengepaskan screen pada kain kaos polos hanya mengandalkan ketelitian dan kekuatan mata saja. Cara ini banyak digunakan pada waktu dulu, tetapi untuk sekarang ini sepertinya sudah sangat jarang yang menggunakannya, karena alat penepat sablon sekarang ini sudah murah harganya, tidak seperti dulu.

Cara menyablon kaos dengan Teknik Todong ini tidak mudah dan sangat beresiko, kenapa? karena kita harus mengandalkan ketepatan antara lapisan dan antar screen secara penuh. Dan juga dengan mengandalkan penempatan posisi pada screen yang hanya bisa dilihat dari lubang pada screen. proses sablon kaos model todong ini merupakan cara menyablon kaos secara manual tanpa menggunakan alat bantu. ALat bantu yang umumnya dipakai untuk menggantikan Teknik todong ini bervariasi mulai dari frame kayu, frame kayu presisi, frame besi, meja presisi, sampai mesin rotary.

Tetapi benarkah pada saat ini masih ada yang memakai cara”todong” dalam menyablon kaos? Masih, dan biasanya digunakan oleh mereka yang main di sablon kaos satuan. Apabila sudah berpengalaman memang kalau dilihat pada prosesnya hampir tidak ada kesulitan yang berarti dalam mengerjakannya. Tetapi untuk anda yang masih dalam tahap awal belajar sablon kaos. dijamin tidak akan mudah untuk mengerjakan sablon kaos model todong ini.

Sebenarnya Ada 2 cara yang biasa dipakai untuk menyablon kaos menggunakan teknik todong ini, yang pertama adalah dengan cara mengandalkan bentukan hasil afdruk screen dan yang kedua adalah dengan menggunakan bentuk register. “Register” adalah tanda yang ditempatkan pada screen sablon, agar saat menggunakan screen bergantian bisa tetap tepat  pada posisi yang dikendaki. Bentuk register itu bisa menggunakan isolasi kertas. Lalu Bagaimana caranya agar kita dapat dengan mudah menggunakan register pada cara sablon kaos model todong ini? Kebanyakan orang yang menggunakan cara ini biasanya memanfaatkan isolasi kertas untuk ditempel di kaos jadi dan kemudian digunakan sebagai tempat untuk menyablonkan registernya, dengan demikian dimaksudkan agar setelah proses sablon selesai isolasi kertas dapat dilepas dan tidak akan muncul bekas register di kaos yang dikerjakan.

sablon-kaos-manual-sederhana

Cukup simple tetapi akan sulit buat para pemula. Jika pada saat akan naik warna gelap 2X, kalau tidak pas dalam kekerannya, tetapi kalau anda teliti dan sabar pasti bisa.

Kunci dari sablon todong bagi para pemula adalah harus sabar dan teliti serta jam terbang tinggi. Jadi, siapkan kaos polos kamu dan angkat rakelmu kawan!!!

Sumber: http;//kaospolosandalas.com


Leave a Reply

Your email address will not be published.