MENGENAL TEKNIK SABLON DISCHARGE PADA SABLON KAOS MANUAL

Dalam dunia printing atau sablon ada banyak teknik sablon, dan salah salah satunya adalah teknik sablon discharge. Teknik sablon discharge atau lebih dikenal dengan teknik cabut warna adalah teknik membuang warna asli kain dan mengubahnya dengan warna tinta sablon. Hasil dari teknik sablon discharge menyatu dengan serat kain karena hasil dari sablonan masuk dalam serat kain. Teknik sablon discharge menggunakan tinta khusus yaitu tinta yang water base atau tinta yang berbasis air. Tujuan dari pemakaian tinta yang bersifat water base ini karena tinta ini mempunyai tingkat penyerapan yang tinggi pada serat kain sehingga mampu menyatu dengan serat kain. Tinta khusus yang water base ini juga berfungsi untuk menghilangkan warna dasar kaos dan menggantinya dengan warna tinta.

Teknik sablon discharge atau cabut warna sangat baik diterapkan pada kaos yang berbahan cotton 100% karena sifat dari cotton yang mempunyai penyerapan sempurna terhadap air sehingga warna yang dihasilkan sesuai dengan warna tinta sablon. Berbeda dengan teknik sablon lain dimana hasil sablonan hanya pada permukaan kain saja, tidak terserap masuk dalam pori-pori kain sehingga hasil sablonan seperti terpisah dengan kain.

Kelebihan dari teknik sablon discharge adalah hasil sablonan yang menyatu dengan kain dan tidak nampak seperti sablonan pada umumnya yang hanya pada permukaan saja dan lebih mudah mengelupas atau rontok. Teknik sablonan ini banyak disuka karena hasil sablonan lebih awet dan tidak kaku karena hasil sablonan yang menyatu dengan serat kain. Karena alasan inilah teknik sablon discharge banyak digunakan pada kaos-kaos distro yang kebanyakan adalah kaos-kaos yang berbahan cotton combed dan kaos-kaos dengan harga yang relatif lebih mahal.

sablon-kaos-discharge-3

Teknik sablon discharge termasuk dalam kategori teknik sablon yang sulit, terlebih lagi jika diterapkan pada gambar-gambar yang mempunyai detail yang rumit dan warna yang beragam. Oleh karena itu hasil sablonan dengan teknik discharge ini banyak diterapkan pada gambar-gambar yang sederhana baik warna maupun detailnya bahkan biasanya hanya satu warna saja. Mengingat teknik sablon ini merupakan teknik yang sulit, maka kita harus mendapatkan pelatihan khusus untuk mendapatkan pengetahuan tentang teknik sablon discharge.

Supaya hasil sablon discharge pada kaos awet maka anda harus melakukan perawatan yang benar. Karena material kaos polos yang dipakai untuk teknik sablon discharge adalah kaos cotton, maka perawatannya hampir sama dengan kaos polos lainnya, antara lain: tidak merendamnya terlalu lama, tidak menggunakan pemutih, tidak menyikat dan memerasnya terlalu kencang, tidak menggunakan mesin cuci baik untuk pencucian maupun pengeringan dan menjemurnya dengan cara dibalik.

Demikian sedikit ulasan mengenai teknik sablon discarge. Semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi anda semua. Salam!

Comments are closed.