Memilih Screen Sablon Kaos Yang Tepat

Selain kaos polos, bagi anda yang tertarik untuk belajar teknik menyablon ataupun sedang mencari info tentang dunia sablon menyablon tentunya harus memperhatikan berbagai macam alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sablon. Apalagi dalam sablon manual, yang relatif membutuhkan berbagai alat untuk menyablon di media yang diinginkan. Salah satu alat yang mendukung keberhasilan anda dalam sablon manual adalah screen sablon.

screen-sablon-2

 

Screen sablon merupakan kombinasi antara kain saring dengan kerangka screen yang terbuat dari kayu atau aluminium. Screen sablon berguna untuk media transfer desain setelah proses afdruk sehingga menghasilkan sablonan sesuai dengan desain yang diinginkan. Untuk hasil sablon yang maksimal, tentunya diperlukan screen sablon yang berkualitas. Baik dari kualitas kain saring, bentuk dan ukuran bingkai, tinta sablon yang digunakan, serta pengenalan media yang sesuai dengan jenis kain dan tinta yang anda miliki.

 

Untuk mendapatkan screen sablon yang berkualitas, maka hendaknya diperhatikan hal – hal berikut :

 

Pemilihan kain screen. Bentuk kain screen umumnya berwarna putih atau kuning, dijual secara satuan (telah berbentuk lembaran siap pakai) atau berbentuk rol (gulungan kain yang dapat dipotong sesuai selera). Untuk memilih kain screen maka sesuaikan kecocokan kain screen dengan bahan – bahan tinta yang anda gunakan untuk menyablon. Sekaligus kenali kemampuan kain saring yang anda pilih terhadap media sablon yang akan anda gunakan. Hal ini untuk mendapatkan ketepatan dan ketajaman serta ketahanan hasil sablon yang anda hasilkan.

jenis-screen-sablon-kaos

 

Ketahui jenis dan karakteristik kain screen. Umumnya terbuat dari bahan nilon dan poliester yang konsisten dan tahan terhadap perubahan dan zat kimia. . Kain nilon bersifat elastis dan cocok untuk permukaan yang tidak rata, tahan gesekan, cocok digunakan untuk menyablon dalam jumlah banyak, dan baik dalam penyaringan tinta. Biasanya yang paling sering digunakan adalah jenis monyl, nytal, dan nybolt. Khusus untuk monyl biasanya hanya digunakan untuk cetak sablon waterbase dan solvenbase.

 

Gunakan bingkai yang kuat dan sesuai kebutuhan. Hal ini bertujuan untuk meregangkan kain saring di atas media sablon. Anda bisa memilih bingkai yang baik dengan syarat – syarat seperti berikut :

Tidak mudah berubah bentuk (baik dalam cuaca panas atau terkena air).

Permukaan bingkai harus halus, rata, dan licin.

Tahan terhadap obat – obatan kimia dalam proses penyablonan.

Biasanya digunakan bingkai dari bahan aluminium atau kayu jati yang agak tua.

 

Bila anda memilih untuk membeli bingkai screen yang sudah jadi, ada baiknya memperhatikan bahan kayu yang digunakan. Terkadang ada yang menjual bingkai screen yang (katanya) dari kayu jati muda namun berwarna agak putih mirip kayu pinus. Namun sebenarnya yang digunakan adalah kayu jati dari bagian rantingnya, bukan dari batang utama. Sehingga ringan namun tidak padat dan beresiko mudah rusak dan melengkung karena tidak tahan air atau bahan kimia yang digunakan. Oleh karena itu sesuaikan ukuran kain dan bahan bingkai yang anda miliki untuk mendapatkan screen sablon yang berkualitas.

http://kaospolosandalas.com


Leave a Reply

Your email address will not be published.