Memilih meja sablon yang tepat untuk bisnis sablon kaos manual

Pertanyaan yang sering banyak muncul pada usaha sablon kaos manual rumahan, khususnya yang pemula adalah mengenai pemilihan meja sablon. Ada beberapa jenis meja sablon. Kali ini kita akan khusus membahas jenis-jenis meja sablon yang cocok digunakan untuk bisnis sablon kaos manual rumahan. Jenis-jenis meja sablon kaos rumahan antara lain: meja sablon kaos rotary (putar), meja sablon kaos miring beroda, meja sablon panjang, meja sablon kaos panjang beroda, meja sablon kaos catok, meja sablon kaos vakum, dan meja sablon kaos frame presisi. Nah, bagaimana cara memilih meja sablon kaos yang baik untuk bisnis sablon rumahan? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

jenis-meja-sablon-kaos-manual

1. Sesuaikan biaya

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan dana. Pada bisnis sablon rumahan pemula, ketersediaan biaya ini perlu diperhatikan. Biasanya, modal awal bisnis sablon rumahan tidak terlalu besar. Jangan sampai ada pemborosan biaya produksi hanya gara-gara pembelian meja yang tidak sesuai. Selalu sesuaikan kemampuan dan ketersediaan biaya sebelum membeli alat-alat produksi.

2. Sesuaikan ukuran

Karena bisnis ini biasanya dilakukan di rumah, ruang yang tersedia pun terbatas. Jangan memaksa menggunakan meja sablon yang panjang bila bengkel kerja sempit karena akan menghabiskan ruang dan mengganggu akses mobilitas dalam bengkel, dan tentu saja akan berakibat mengganggu proses produksi. Jika ruang bengkel kerja sablon sempit, bisa dipilih ukuran meja yang lebih kecil, seperti meja sablon frame presisi, meja sablon vakum, atau meja sablon catok. Ukuran ketiga meja sablon ini relatif lebih kecil dan tidak terlalu menghabiskan banyak ruang

3. Sesuaikan kebutuhan

Sesuaikan meja sablon dengan kebutuhan. Kebutuhan ini disesuaikan dengan jenis usaha sablon. Apakah khusus hanya sablon kaos, sablon plastik, keduanya, ataukah kain,  dan lain sebagainya. Jenis usaha sablon ini perlu diperhatikan mengingat setiap meja memiliki spesifikasinya tersendiri. Contoh, untuk usaha rumahan sablon kaos bisa dipilih meja sablon jenis frame presisi atau jenis catok.  Selain itu jika anda banyak menerima pesanan sablon berupa kaos jadi atau kaos polos dengan kuantiti yang tidak banyak, jenis meja catok atau frame presisi adalah yang paling tepat.

4. Bisa mengoperasikan

Saat memilih meja sablon, pastikan anda menguasai sistem mengoperasikannya. Dengan kata lain anda bisa menggunakannya. Jangan mudah tergiur oleh berbagai fungsi dan fasilitas yang ditawarkan. Yang terpenting adalah anda mampu menggunakannya dengan baik sehingga bisa menciptakan produk dengan kualitas yang maksimal.

5.Konsultasi

Yang dimaksud konsultasi di sini adalah jika meja sablon anda mengalami masalah dalam penggunaannya, pastikan anda memiliki tempat bertanya atau konsultasi. Jika tidak, carilah toko yang menjual meja sablon yang dilengkapi dengan servis dan konsultasi. Hal ini diperlukan agar apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan, dapat segera ditangani sehingga proses produksi tidak terganggu.

Demikian beberapa cara memilih meja untuk bisnis sablon kaos manual. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya, sukses untuk anda!

Sumber: http://kaospolosandalas.com


Leave a Reply

Your email address will not be published.