Mengenal Merek Tinta Sablon Manual Furukawa

Dalam cetak sablon kaos, terutama dalam sablon manual dikenal dua jenis tinta. Tinta yang pertama adalah jenis tinta yang berbahan dasar air (water base) dan tinta yang berbahan dasar minyak (solvent base). Tinta berbahan dasar ini sering juga disebut dengan tinta plastisol. Tinta water base bersifat mudah kering, cukup dengan diangin-anginkan atau dijemur di bawah sinar matahari, tinta akan kering dengan sendirinya. Sementara jenis tinta plastisol ini memerlukan mesin pengering khusus untuk mengeringkan tintanya.

Ada berbagai merk tinta yang beredar di pasaran. Mulai dari merk yang terkenal di luar negeri atau tinta impor, hingga merk lokal atau bahkan buatan toko sablon sendiri. Untuk tinta impor, tinta ini biasanya memiliki standar kualitas internasional dan digunakan dalam industri clothing luar negeri. Para pengguna tinta ini biasanya adalah mereka yang sangat memperhatikan kualitas cetakan. Memakai kualitas tinta yang baik akan menjamin kualitas cetakan. Tinta impor ini dipasarkan dengan harga yang relatif mahal. Maka biasanya, produk sablon yang menggunakan tinta impor ini berharga lebih mahal. Namun, jangan khawatir. Uang yang dikeluarkan akan sepadan dengan kualitas yang didapat.

Salah satu merk tinta impor yang terkenal di Indonesia adalah Furukawa. Dilihat dari namanya, produsen tinta ini sablon impor ini adalah Jepang. Ya, Furukawa adalah tinta sablon yang sangat terkenal dari Jepang. Kualitas yang dihasilkan tidak diragukan lagi. Tinta Furukawa banyak diminati karena sifatnya yang sangat elastis. Tinta Furukawa digemari karena hasil sablonannya yang tipis. Hasil sablonan dengan tinta Furukawa pun terlihat lebih mengkilap karena kemampuannya menutup kain. Bisa dikatakan tinta Furukawa memiliki daya tutup tinggi. Makanya banyak industri sablon yang memakai tinta Furukawa, terutama untuk distro karena kualitasnya yang tidak diragukan lagi. Harga yang ditawarkan pun sebanding dengan kualitas yang didapat.

Furukawa ini memiliki beberapa produk. Produk-produk furukawa antara lain adalah: rubber ink, nylon ink, blue jeans ink, discharge ink, base ink, speciality ink, transfer ink, dan katalis-katalis sablon. Begitu banyak produk furukawa dan furukawa color. Salah satu keistimewaan furukawa color adalah pada jenis tinta rubber. Tidak seperti jenis tinta rubber lainnya yang terdiri dari tiga jenis: white, opaque (netral), clear (transparan) pada furukawa color hanya terdapat rubber white dan rubber clear.

furukawa

Lalu apa itu Furukawa pasta? Furukawa pasta adalah pasta untuk bahan kain. Pasta ini biasanya dicampurkan ke GL putih atau pun dicampur ke GL transparan. Hasil yang akan didapat dari pencampuran pasta Furukawa ini adalah bentuknya akan timbul. Hasil timbul ini seperti busa ini didapat setelah dipanaskan (melalui proses pemanasan). Karena hasilnya yang timbul inilah, maka sering juga disebut furukawa timbul atau furukawa foaming.

 

Sumber: http://kaospolosandalas.com

Comments are closed.