Keunggulan Sablon Kaos DTG (Direct To Garment)

Dalam teknik sablon saat ini ditemukan berbagai macam terobosan yang semakin memudahkan produsen dalam mencetak hasil sablon sekaligus memberi konsumen berbagai macam pilihan teknik sablon yang dapat disesuaikan dengan dana dan desain yang diinginkan. Dahulu sablon dihasilkan secara manual. Dimana memerlukan berbagai macam alat dan bahan yang digunakan secara cermat untuk memproduksi sablon yang berkualitas. Namun saat ini sudah banyak penjual kaos polos dan telah banyak printer kaos Direct to Garment yang memiliki langkah pengerjaan yang simple namun menghasilkan sablon yang memuaskan.

 printer-dtg

Beberapa orang sering salah mengansumsikan sablon direct to garment dengan sablon digital. Keduanya sangat berbeda. Perbedaan teknik sablon direct to garment ini tidak memerlukan mesin press ataupun transfer paper seperti pada sablon digital. Karena menggunakan printer dan tinta khusus yang langsung terserap oleh kain yang dijadikan media sablon. Teknologi sablon direct to garment (DTG) merupakan teknologi sablon yang terbaru. Biasanya teknologi ini telah diaplikasikan oleh vendor t-shirt dari luar negeri. Tak hanya itu, berbagai baju dengan brand terkenal di eropa pun sekarang telah banyak menggunakan teknik ini untuk menghasilkan corak sablon yang berkualitas.

 

Lebih jauh lagi, beberapa keunggulan menggunakan teknik sablon direct to garment antara lain : 

1.Proses cetak yang lebih cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan tidak membutuhkan pembuatan screen, pengolesan tinta, ataupun pengeringan tinta sablon seperti yang digunakan pada teknik sablon manual. Hasil print pun bagus, dengan efek tinta yang timbul dan menempel seperti sablon rubber

2. Mampu mencetak semua warna tanpa kecuali dengan hasil yang tajam, presisi, dan tahan lama karena tinta langsung menyatu dengan kain.

3. Mampu menghasilkan cetakan sampai dengan ukuran A3.

4. Tidak memerlukan transfer paper ataupun mesin press seperti yang biasanya digunakan pada teknik sablon digital.

5. Dapat mencetak secara satuan. Karena tidak memerlukan pembuatan screen seperti teknik sablon manual. Harganya pun cukup terjangkau.

6. Konsumen dipuaskan dengan penampilan yang berbeda dari yang lain, karena hasil sablon yang eksklusif ( dibuat satu saja sesuai dengan pesanan konsumen).

7. Bisa juga dijadikan hadiah ulang tahun yang spesial, souvenir, aksesoris dan sebagainya.

8. Tinta yang digunakan merupakan tinta khusus garment yang tahan lama karena tahan dicuci berulang kali, tahan distrika, tidak luntur, dan awet.

 

Dengan berbagai macam kelebihannya itu, maka tak heran bila teknik sablon direct to garment ini menjadi primadona. Banyak produsen sablon yang menawarkan paket sablon DTG ini untuk menarik minat konsumen terutama kalangan muda dengan jaminan hasil sablon yang unik, eksklusif, dan awet dipakai. Harga yang ditawarkan pun terjangkau. Biasanya banyak digunakan oleh pasangan muda untuk pembuatan kaos couple (pasangan) ataupun distro – distro yang menjual koleksinya secara eksklusif.

http://kaospolosandalas.com


Comments

Keunggulan Sablon Kaos DTG (Direct To Garment) — 1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.