JENIS JENIS TRANSFER PAPER PADA SABLON DIGITAL

Dalam dunia sablon menyablon saat ini dikenal berbagai macam teknik sablon. Salah satunya adalah teknik sablon digital. Mengapa dikatakan sablon digital? Secara prinsip, teknik sablon digital menggunakan transfer paper untuk menempelkan gambar ke media yang diinginkan (kaos, spanduk, dll). contoh sablon digital sederhana yang bisa kita jumpai dengan mudah adalah transfer paper yang telah tercetak desain tertentu (bisa menggunakan printer dekstop) kemudian di setrika di atas kain atau kaos yang kita inginkan.

Sablon jenis ini memiliki hasil warna yang bagus (sesuai dengan desain) namun daya tahannya rendah alias mudah rontok. Hasil sablon digital akan tergantung pada jenis transfer paper serta tinta printer yang digunakan. Untuk transfer paper biasanya digunakan yang khusus untuk printer laser. Pada dasarnya ada dua jenis transfer paper, yaitu :

  1. Transfer paper untuk kain berwarna terang / light fabric

Dipasaran umumnya disebut dengan transfer paper ‘clear’ atau transfer paper ‘standard’. Biasanya digunakan untuk material berwarna dasar putih, abu-abu muda, warna – warna soft dan warna-warna terang lainnya. Desain yang diinginkan harus lebih gelap dari material dasar yang ingin di sablon.

Salah satu jenis transfer paper clear yang bagus kualitasnya adalah JPPS (Jet Pro Soft Stretch). Saat ini harga transfer paper clear di pasaran sekitar 10 ribu rupiah per lembarnya.

transfer-paper-sablon-digital-1

2. Transfer paper untuk kain berwarna gelap / dark fabric

Biasanya disebut dengan transfer paper ‘dark’. Baik digunakan untuk material yang berwarna dasar hitam. Salah satu merk transfer paper dark yang bagus kualitasnya adalah 3G Jet Opaque buatan Neenah Paper USA. Hasil transfer paper ini sangat halus shingga gambar nampak menyatu dengan kaos. Harga jual transfer paper dark ini sekitar 75 ribu per 5 lembar. Harga transfer paper dapat berbeda beda baik yang clear maupun dark. Tergantung kuantitas dan harga jual dari masing – masing toko.

transfer-paper-sablon-digital

Jenis Transfer Paper yang dijual dipasaran sekarang ini sangat bervariasi, mulai dari merk yang dibuat oleh produsen – produsen terkenal hingga yang belum kita kenal, harga yang terbilang murah sampai yang dapat menguras isi kantong dan pada jenis tertentu  anda dapat menggunakan setrika ketika anda akan mengaplikasikan hasil cetakan ke kaos untuk kreasi sendiri.

Yang perlu diingat, metode pencetakan dengan transfer paper akan berbeda untuk masing-masing merk transfer paper. Selalu perhatikan intruksi pemakaian pada setiap jenis transfer paper. Apabila anda menginginkan hasil yang lebih memuaskan maka perhatikan tinta printer yang digunakan. Akan lebih baik lagi bila anda menggunakan mesin hot press agar hasilnya lebih baik dan rapi. Bila tak ingin repot, silahkan mengunjungi grosir kaos polos dan jasa sablon digital di daerah anda yang biasanya sudah menyediakan paket untuk jenis kaos polosyang dikehendaki dan pilihan desain sablon yang diinginkan.

Sumber: http://kaospolosandalas.com

This entry was posted in Sablon Kaos Digital and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to JENIS JENIS TRANSFER PAPER PADA SABLON DIGITAL

  1. anjank says:

    alamat nya d mana mas……..

  2. Wahyu says:

    Mau tanya gan… Harga kaos polos distro 24s dan 40s… Kirim email aza gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>