Proses Potong Kain Pada Konveksi Kaos Polos

Untuk membuat atau menjahit kaos polos, tahap pertama yang harus dilakukan adalah proses memotong bahan kaos menjadi potongan-potongan kaos yang siap dijahit. Untuk melakukan proses ini peralatan yang dibutuhkan adalah:

  1. Pola kaos yang sudah siap untuk dipotong
  2. Alat potong : Mesin potong atau gunting.
  3. Meja potong.

Tahapan proses pemotongan kain sebelum dijahit menjadi kaos polos adalah sebagai berikut:

  1. Bongkar lembaran bahan. Lembaran bahan kaos biasanya dikemas dalam karung, yang biasanya disebut dengan istilah “roll”. Berat 1 roll biasanya antara 25-30 kg tergantung dari produsen atau pabrik bahan kain.
  2. Bentangkan lembaran bahan kaos sampai dengan sepanjang meja potong, lalu letakkan pola kaos yang hendak dipotong pada lembaran bahan tersebut. Aturlah potongan pola kaos sedemikian rupa sehingga menghasilkan se-minimal mungkin sisa potongan. Proses ini sangat menentukan seberapa efisien anda dalam memanfaatkan bahan kaos. Semakin efisien maka jumlah kaos yang dihasilkan semakin banyak, dan sisa bahan yang dibuang semakin sedikit.
  3. Setelah mendapatkan komposisi yang paling efisien, gambarlah pola kaos pada bahan dengan menggunakan kapur, pensil, atau spidol.
  4. Potong lembaran yang sudah di-gambar pola kaos tadi. Lembaran pertama ini menjadi patokan untuk proses potong selanjutnya.
  5. Potong sisa bahan lainnya sesuai dengan panjang lembaran pertama. Susunlah lembaran-lembaran yang dipotong sehingga menjadi bertingkat atau layer.
  6. Sekali lagi, posisi lembaran pertama yang sudah digambar pola kaos berada di susunan paling atas.
  7. Setelah tumpukan lembaran siap, maka bahan mulai dipotong berdasarkan pola yang sudah digambar tadi. Berhati-hatilah dalam proses ini agar hasil potongan tetap rapi sesuai pola aslinya.
  8. Setelah selesai dipotong jangan lupa memberikan tanda ukuran, supaya mempermudah penjahit pada saat menyatukannya menjadi kaos polos.

Demikian sekilas mengenai proses pemotongan kain dalam pembuatan kaos polos. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.