Apa Itu Kaos Polos Built Up atau Kaos Polos Body Size

kaos-polos-body-fit

Seiring dengan perkembangan kaos distro yang menjamur saat ini, berbagai jenis kaos polos dengan aneka ukuran semakin banyak alternatif pilihannya.  Para produsen kaos distro bisa memiliki banyak pilihan ketika membeli atau memesan kaos polos untuk disablon.  Besar kecilnya ukuran kaos polos tentu akan sangat berpengaruh pada kenyamanan saat dikenakan, walaupun masing-masing individu mungkin memiliki standar ukuran favorit tersendiri yang paling nyaman saat memilih sebuah kaos.

Dalam produksi kaos distro ada beberapa standar ukuran kaos polos yang bisa dipilih tergantung dari selera dan mode yang diinginkan oleh costumer.  Setidaknya ada dua parameter yang bisa digunakan untuk mengetahui ukuran kaos, yaitu lebar kaos dan panjang kaos.  Dengan model standar round neck maupun v-neck.  Meski demikian, standar dan kriteria ukuran kaos S, M, L, XL, dan XXL dalam pembuatan kaos distro masing-masing merek tidak sama.

Salah satu ukuran kaos yang juga diminati saat ini adalah kaos polos built up atau biasa disebut kaos polos body Size. Kaos polos built up atau body size adalah kaos polos yang dibuat dari bahan kaos yang turbular (melingkar seperti sarung), sehingga hasil akhir kaos polos built up adalah sebuah kaos polos tanpa jahitan samping.  Lebar kaos polos body size menyesuaikan dengan lebar bahan kaos itu sendiri. Banyak kaos polos impor menggunakan model ini karena dalam prosesnya, menggunakan bahan kaos yg turbular lebh menghemat biaya dan proses produksi menjadi lebih efisien.

Bahan kaos polos built up tidak bisa dibeli di sembarang tempat. Kebanyakan perusahaan garment atau konveksi harus memesan ke pabrik kain dengan minimal order yang cukup besar. Namun demikian, ukuran bahan yang nantinya menjadi lebar badan kaos bisa dibuat sesuai permintaan pemesan. Biasanya ukuran dalam satuan inchi. Ukuran diameter bahan kaos turbular yang pada umumnya beredar di pasaran adalah mulai dari 30 inch sampai 40 inch. Semua ini bertujuan untuk efisiensi proses produksi kaos.

Tidak adanya jahitan pada kedua sisi kaos memberikan kesan rapi dan bisa digunakan sesuai ukuran badan sehingga pas dan enak dilihat.  Namun demikian ukuran standar untuk body size masing-masing individu bisa saja berbeda karena ukuran badan yang tidak sama.  Ukuran kaos bisa meliputi lebar badan, yaitu setengah lingkar badan atau diukur dari bawah lingkar lengan secara horisontal dan panjang badan yang diukur dari titik bahu teratas sampai ke ujung tepi bawah kaos secara vertikal.

Jenis kaos polos body size atau built up  ini dianggap memiliki kualitas yang bagus sehingga sering digunakan untuk pembuatan kaos distro.  Selain memiliki karakteristik yang lembut karena terbuat dari 100% katun (Cotton Combed), jenis kaos body size ataupun built up memberikan kesan trendy karena tanpa jahitan di kedua sisinya. Dari segi sablon, faktor ini mempermudahjika ingin membuat sablon kaos dengan design yang menyambung dari depan sampai belakang kaos. Selain itu, tidak semua konveksi mampu memproduksi jenis bahan kaos body size sehingga semakin menambah kesan ekslusif pada kaos ini.

Untuk standar kaos polos distro, biasanya pada beberapa jenis kaos polos body size diaplikasikan jahitan rantai pada bagian sambungan pundak dan leher sehingga jahitan relatif lebih kuat dan tahan lama.

http://kaospolosandalas.com

Comments are closed.