Membandingkan Kaos Polos Cotton Bamboo dengan Kaos Polos Cotton Combed, mana yang lebih Unggul?

Trend dalam dunia fashion memang tidak akan pernah lepas dari berbagai ide, krativitas dan inovasi.  Selain model pakaian yang semakin bervariasi, bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan pakaian juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan.  Jika sebelumnya penggemar kaos dimanjakan dengan bahan cotton combed yang nyaman, saat ini tersedia bahan cotton bamboo yang bisa menjadi alternatif pilihan dengan kualitas dan tingkat kenyamanan yang tidak kalah unggul.

Apa itu cotton bamboo?

Berbeda dari bahan cotton combed yang terbuat dari serat kapas alami, bahan cotton bamboo terbuat dari campuran bahan kapas alami premium dengan serat bambu.  Serat bambu sendiri dikenal memiliki beberapa keunggulan.  Diantaranya adalah mengandung zat anti bakteri alami penny quinone dan bersifat hipoalergenik sehingga sangat nyaman dikenakan dan efektif untuk meminimalisir terjadinya alergi.

Beberapa jenis bahan cotton memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berikut ini adalah perbandingan antara kaos polos cotton bamboo dengan kaos polos cotton combed.

Kelebihan kaos polos cotton bamboo:

  • Cotton bamboo memiliki karakteristik bahan yang lembut, elastis, dan mampu menyerap keringat dengan baik sehingga nyaman untuk berbagai aktivitas baik di cuaca panas maupun dingin.
  • Serat bambu pada bahan ini diketahui bersifat anti bakteri sehingga sangat cocok untuk menghindari resiko alergi, terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif.
  • Bahan cotton bamboo memiliki daya kapilaritas yang tinggi sehingga tidak mudah lembab dan berbau.
  • Karakteristik kainnya sangat ringan, lembut, dan tahan lama. Jenis bahan ini juga sejuk karena memiliki daya serap yang lebih rendah terhadap sinar UV jika dibandingkan dengan jenis bahan cotton combed.
  • Jenis bahan cotton bamboo juga ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami yang mudah terurai. Selain itu bahan cotton bamboo bisa diproduksi secara continue karena ketersediaan pohon bambu yang cukup banyak dengan perawatan yang relatif mudah.
  • Banyak digunakan dalam industri fashion brand-brand ternama dengan kualitas terbaik.
  • Dalam proses pemintalan benang, serat cotton bamboo dipintal saling silang sehingga menghasilkan kain yang memiliki daya serap lebih maksimal jika dibandingkan dengan jenis cotton lainnya.

Kekurangan kaos polos cotton bamboo:

  • Sesuai dengan kualitasnya yang premium, bahan cotton bamboo relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis bahan cotton combed.
  • Karakteristik bahannya relatif lebih tipis dari cotton combed 30s dengan pilihan warna yang tidak terlalu banyak.

Kelebihan cotton combed:

  • Jenis bahan cotton combed memiliki karakteristik kain yang lembut, adem, dan mampu menyerap keringat dengan baik sehingga nyaman untuk dikenakan, sangat cocok dengan iklim tropis.
  • Ada beberapa jenis kain cotton combed yang tersedia di pasaran, seperti cotton combed 20s, 24s, 30s, dan 40s yang memberikan banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan.
  • Dalam proses pembuatannya, serat kapas disisir menggunakan sikat khusus untuk membersihkan kotoran dan serat kapas yang pendek sehingga hanya tersisa serat kapas yang panjang dan sejajar. Dengan proses ini, serat kapas cotton combed memiliki tekstur yang halus dan kuat.
  • Jika dibandingkan dengan cotton bamboo, harga cotton combed relatif lebih murah dan banyak tersedia di pasaran dengan warna yang sangat bervariasi sehingga memberikan banyak pilihan.

Kekurangan kaos polos cotton combed:

  • Cenderung lebih cepat rusak jika direndam terlalu lama saat proses pencucian dan rentan terhadap jamur bila disimpan di tempat yang lembab.

Sumber: http://kaospolosandalas.com

Comments are closed.