Macam – Macam Model / Bentuk Potongan Kaos Polos

Pernahkah kita memperhatikan bentuk atau model kaos yang kita pakai? Ternyata meski sama – sama bernama kaos ataupun lazim dikenal dengan nama T-shirt, sebenarnya memiliki berbagai macam model lho. Bahkan bila dibuat diagram, ternyata lumayan banyak jenis dan model kaos yang sama namun berbeda. Penasaran dengan model kaos yang ada? Yuk disimak penjelasan model kaos berikut ini.

Beberapa kaos yang kita kenal biasanya disebut dengan kaos oblong atau kaos berkerah alias polo shirt. Namun sebenarnya bila dibedakan berdasarkan bentuk model leher, kaos dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu kaos Turtleneck, O-neck, U-neck, dan kaos V-neck. Biasanya yang paling umum digunakan oleh kita adalah kaos dengan model leher bulat. Bagaimana dengan bentuk lainnya? Lebih jelasnya adalah dengan gambar berikut ini :

jenis-kaos-polos

Dari gambar diatas, terlihat bahwa kaos polos memiliki berbagai macam modifikasi terutama pada bagian leher dan kerahnya. Padahal awalnya kaos digunakan oleh militer Inggris dan Amerika sebagai pakaian dalam. Dan pada saat udara panas atau melakukan training maka seragam tentara tersebut dibuka sehingga hanya menampakkan kaos bagian dalam saja. Lambat laun kaos tak hanya digunakan sebagai pakaian dalam namun digunakan untuk pakaian santai sehari – hari dan mengalami beberapa modifikasi. Modifikasi tersebut antara lain :

1. T-shirt O-neck

Sesuai namanya, kaos ini memiliki lubang leher berbentuk bundar. marupakan kaos yang paling lazim ditemui dan merupakan bentuk awal kaos sebelum mengalami banyak modifikasi.

jenis-kaos-polos-2

2. T-shirt V-neck

Ya, bentuk lubang lehernya berbentuk V yang terdiri dari dua garis ribs yang bersudut di sekitar dada atas. Sudut pertemuannya bervariasi tergantung selera produsen.

3. T-shirt U-neck

Memiliki desain lubang leher perpaduan antara O-neck dan V-neck. Sedikit membulat namun tidak menyudut tajam seperti V-neck.

4. T-shirt Y-neck

Merupakan variasi dari lubang leher berbentuk V namun dikarenakan ada tambahan kancing seperti pada kaos kerah, maka bentuknya menyerupai huruf Y.

5. Turtleneck

Ya, diberi nama turtle alias kura – kura karena memang lubang lehernya memanjang persis seperti leher kura – kura.

6. Kaos Raglan

kaos ini berbeda dari segi sambungan tangan. Bila pada kaos konvensional sambungan tangannya berbentuk diagonal dari ketiak ke pundak luar, maka Kaos Raglan memiliki sambungan tangan miring. Yaitu dari ketiak langsung ke lubang leher. Sehingga pola tangannya lebih besar. Warna sambungan lengan dengan badan pun biasanya berbeda. Kaos raglan ini juga memiliki variasi pada lubang lehernya. Ada kaos raglan dengan leher O-neck maupun V-neck.

7. Kaos berkerah (polo shirt)

Merupakan kaos yang memiliki kerah dibagian lubang lehernya. Biasanya menggunakan bahan lacoste atau bahan kaos lain yang diseusaikan dengan rancangan dari produsennya.

Bahan yang digunakan untuk kaos ini pun bervariasi tergantung inovasi dari produsennya. Selain penambahan corak atau desain pada kaos juga membantu produsen menarik minat konsumen untuk membeli dan menggunakan produk kaos polos yang mereka jual.

Sumber: http://kaospolosandalas.com

 

This entry was posted in Jenis Bahan Kaos and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>