MEMBUAT KAOS SEPEDA KREASI SENDIRI DENGAN KAOS POLOS

Siapa sih yang tidak suka bersepeda? Kalaupun tidak suka bersepeda, namun paling tidak setiap orang bisa naik sepeda. Sepeda merupakan olah raga yang praktis, mudah dan murah, dan yang pasti adalah menyehatkan dan baik untuk jantung kita. Kendaraan yang praktis dan mudah dikendarai ini memang disuka oleh semua kalangan, dari anak-anak sampai orangtua menyukai olah raga tanpa bahan bakar ini.

Walaupun terlihat simple dan tidak membutuhkan peralatan khusus, namun yang sebenarnya olah raga bersepeda membutuhkan peralatan khusus, antara lain: sepatu, kaos kaki, celana, kaos, topi/helm dan kaos tangan. Seperti halnya olah raga lain, atribut dalam bersepeda juga perlu diperhatikan, yaitu yang nyaman dan tidak mengganggu gerak badan.

Kaos atau jersey sepeda adalah salah satu perlengkapan yang perlu diperhatikan bagi para pecinta olah raga bersepeda. Sebenarnya tidak menjadi masalah apabila kita hendak memakai sembarang kaos, namun akan lebih nyaman apabila kita memakai kaos yang khusus untuk bersepeda. Kaos khusus untuk bersepeda banyak dipakai oleh para pecinta olah raga sepeda gunung atau MTB dan mereka yang memang mempunyai hobi bersepeda dan sering melakukan touring baik jarak menengah maupun jarak jauh yang memerlukan waktu beberapa hari. Seperti apakah kaos yang cocok untuk olah raga bersepeda itu? Berikut ini adalah tips dalam memilih kaos khusus untuk olah raga bersepeda.

Pilihlah kaos yang mudah menguapkan keringat

Ketika bersepeda tentunya kita akan mengeluarkan banyak keringat oleh karena itu kita harus memakai kaos dengan material yang mampu menyerap keringat dari dalam kulit dan menguapkannya ke udara melalui pori-pori kaos. Jenis material kaos yang sering digunakan untuk membuat kaos olah raga bersepeda adalah material dengan jenis cotton combed DryFit, Micro Fiber Eyelet dan Cotton Dry.

kaos-sepeda-1

Kaos dengan pola yang ketat dan panjang dibagian belakang

Pakaian yang ketat untuk mengurangi hambatan udara selama bersepeda. Sedangkan potongan pola panjang dibagian belakang adalah untuk mempermudah pemakai untuk membungkuk ketika bersepeda.

Kaos dengan kantong di panel belakang

Jersey sepeda biasanya dilengkapi dengan tiga kantong yang diletakkan dipanel belakang. Kantong tersebut bisa untuk meletakkan hp atau peralatan lain. Pemasangan kantong di belakang dengan tujuan agar barang yang disimpan dalam kantong tidak mudah jatuh.

Kaos dengan resleting penuh dibagian depan

Jersey sepeda kebanyakan didesain dengan resleting penuh. Hal ini memudahkan pengendara membuka bagian depan kaos ketika cuaca makin panas atau overheating.

kaos-sepeda-2

Pilihlah kaos dengan warna yang menyala atau terang

Dengan memakai kaos yang berwarna terang atau cerah maka anda akan lebih mudah terlihat oleh rekan anda apabila anda bersepeda dalam tim dan terutama ketika anda bersepeda di malam hari.

Anda pun bisa membuat kaos sepeda dengan design anda sendiri. Mungkin tidak perlu secanggih contoh-contoh kaos khusus sepeda dengan bahan jersey atau ritsleting seperti diatas. Yang penting  tetapi bisa dipakai untuk bersepeda sehari-hari. Caranya cukup dengan membeli kaos polos yang siap disablon. Pastikan kaos polos yang anda pilih menggunakan bahan cotton combed 20s supaya cukup nyaman dipakai bersepeda. Pilih jenis kaos polos lengan panjang dengan manset pada lengan dan warna kaos polos sesuai selera anda. Atau bisa juga menggunakan model kaos polos raglan.

kaos-sepeda-3  kaos-sepeda-4

Setelah memilih kaos polos yang tepat, anda bisa mulai mengaplikasikan design anda pada kaos polos dengan menggunakan teknik sablon atau jasa sablon kaos yang tersedia dimana-mana. Pastikan anda memilih tukang sablon yang baik. Setelah itu, anda bisa memakai sendiri atau menjual kaos sepeda hasil karya anda.

Selamat bersepeda….

Sumber: http://kaospolosandalas.com

Comments are closed.